slide image

PROGRAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


SMP Cita Luhur menggunakan kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajarnya, dilengkapi dengan metode Active Learning, dimana gaya belajar dan kesiapan belajar siswa juga diperhatikan. Siswa juga diajak untuk mempraktekkan langsung semua materi pelajaran, tidak hanya terpaku pada teori saja. Hal ini dilakukan dengan membuat berbagai
eksperimen, presentasi dan observasi langsung. Siswa SMP Cita Luhur ditargetkan menjadi pribadi yang lebih mandiri dalam belajar, berkarakter, dapat mendefinisikan tujuan belajarnya, kreatif serta memiliki pemikiran yang kritis.

Konsep kelas di SMP Cita Luhur adalah moving class. Terbagi ke dalam 2 kelas, IPA dan IPS. Siswa tidak belajar hanya di satu kelas saja, namun berpindah sesuai dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari.

Baik kelas IPA dan IPS masing-masing diisi dengan fasilitas pendukung kegiatan belajar, seperti:

  • Kelas IPA

- Material Matematika, seperti: model pecahan, model bangun ruang dan bangun datar, alat ukur geometri seperti busur dan jangka, penggaris.
- Material Biologi, seperti: peralatan laboratorium, tabel Sistem Periodik Unsur, sistem tata surya, rangka manusia, model organ tubuh manusia, model penampang kulit dan telinga dan model penampang bagian tubuh tumbuhan.
- Material Fisika, seperti: Ampremeter, mikrometer sekrup, timbangan, kompor listrik, kompas dan termometer.

  • Kelas IPS

- Material Bahasa: Kamus Besar Bahasa Indonesia, Oxford Dictionary.
- Material IPS dan PPKn: peta dunia, peta Indonesia, pajangan rumah adat Indonesia, pajangan baju adat suku-suku di Indonesia, globe, miniatur bendera negara-negara di dunia dan berbagai patung serta miniature kebudayaan lainnya.

Setiap kelas juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, whiteboard yang dapat dipindah-pindahkan, wastafel, meja praktikum, mini library yang diisi dengan buku-buku penunjang pembelajaran, serta lemari dan rak untuk menyimpan material kelas dengan rapi. Dengan ukuran kelas yang cukup luas memungkinkan siswa dapat belajar dengan sangat nyaman dan dapat memajang hasil karyanya di semua area kelas.

Selain fasilitas di masing-masing kelas, SMP Cita Luhur juga dilengkapi dengan lapangan futsal dan lapangan basket, untuk praktek langsung pelajaran Penjasorkes.

Jam belajar dari Senin-Jumat, jam 07.30-14.30. Setiap hari siswa diajak berbicara dengan Bahasa Inggris, terutama untuk penjelasan dan instruksi sehari-hari. Ada kegiatan Sholat Jumat berjamaah setiap minggunya.
Setelah selesai kegiatan KBM, siswa juga dapat mengikuti beberapa kegiatan Enrichment, seperti English, Musik dan Aikido.


 Artikel Baru (SMP)






Foto Kegiatan & Karya




Lihat Semua

Kelas